Memiliki produk asuransi, umumnya menjadi salah satu hal terpenting untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi setiap orang. Sebab ketika seseorang memiliki asuransi, maka dapat membantu meminimalkan risiko terhadap masalah kesehatan ataupun aset berharga lainnya. Berkaitan dengan asuransi, di sini akan kita bahas secara bersama mengenai tujuan dan fungsi dari klaim asuransi. Penasaran kira – kira apa saja tujuan dan fungsi dari klaim produk asuransi, intip ulasan selengkapnya di artikel berikut ini.

Tujuan dan fungsi dari klaim produk asuransi

Pada dasarnya, istilah klaim produk asuransi dikenal sebagai proses pengajuan permohonan secara resmi dari pihak nasabah ke pihak perusahaan asuransi, yang bertujuan untuk memperoleh dana perjanjian. Dengan adanya klaim produk asuransi, pihak perusahaan asuransi nantinya akan memberikan sejumlah dana sebagai bentuk ganti rugi kepada nasabah atas berbagai risiko yang terjadi secara tidak sengaja, dan pastinya sudah sesuai dengan perjanjian awal. Untuk bisa mengklaim produk asuransi, pihak nasabah biasanya diharuskan sudah memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku di dalamnya. Jika semua persyaratan dan ketentuan sudah terpenuhi, maka bisa langsung mencairkan dana ganti rugi ke pihak perusahaan asuransi.

Berbicara lebih lanjut mengenai klaim asuransi, umumnya ada beberapa tujuan dan fungsi tersendiri yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Adapun beberapa tujuan dan fungsi dari klaim produk asuransi, di antaranya yakni sebagai berikut.

  1. Sebagai pengalihan risiko

Tujuan dan fungsi dari klaim produk asuransi, yakni bisa dijadikan sebagai pengalihan risiko. Dengan adanya akses klaim asuransi produk asuransi yang mudah, maka akan menjadikan nasabah merasa lebih tenang dalam menghadapi berbagai potensi jangka pendek maupun jangka panjang, baik itu terhadap jiwa dan aset tertentu. Sehingga, hal inilah yang menjadikan risiko kerugian yang dialami nasabah bisa diminimalkan dengan baik.

  1. Dapat dijadikan sebagai pembayaran ganti rugi

Penting untuk Anda ketahui, bahwa asuransi memiliki peranan yang sangat penting dalam membayar biaya ganti rugi jika nasabah mengalami berbagai risiko yang terjadi secara tidak disengaja, baik itu karena kecelakaan dan risiko lainnya. Nasabah yang nantinya melakukan proses klaim produk asuransi, maka nantinya akan memperoleh biaya pembayaran ganti rugi dari perusahaan asuransi sesuai dengan premi yang dipilih oleh nasabah tersebut. 

  1. Memberikan pembayaran santunan bagi nasabah

Adapun tujuan dan fungsi lain dari klaim produk asuransi, yakni akan memberikan pembayaran santunan bagi nasabah. Sebagai contoh dalam produk asuransi jiwa, jika nasabah mengalami risiko meninggal dunia, maka pihak ahli waris bisa mengajukan klaim dari produk asuransi jiwa tersebut untuk mendapatkan manfaat asuransi di dalamnya. Manfaat yang diberikan disini, biasanya berupa dana santunan dengan besaran tertentu.  

Itulah tadi pembahasan penting yang bisa Anda ketahui dan pahami mengenai tujuan dan fungsi dari klaim asuransi. Apabila Anda menginginkan mendapatkan akses klaim yang mudah pada produk asuransi, maka bisa mempercayakan pada pembelian produk asuransi FWD Insurance sekarang juga!

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *