verifikasi identitas biometrik

Verifikasi identitas biometrik adalah metode otentikasi identitas yang menggunakan karakteristik fisik atau perilaku unik dari individu, seperti sidik jari, wajah, atau suara, untuk memverifikasi identitas. Proses verifikasi ini dilakukan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan membantu menjaga keamanan dan privasi pengguna. Dalam era di mana identitas online dan keamanan data semakin penting, metode verifikasi biometrik memberikan keamanan tambahan terhadap penipuan identitas dan akses ilegal.

 

Pentingnya verifikasi biometrik semakin meningkat di dunia yang semakin terhubung dan digital. Proses verifikasi biometrik dilakukan saat pelanggan atau pengguna akan menuju sebuah layanan melalui digital onboarding. Tujuan dari verifikasi ini adalah untuk mencegah kejahatan siber yang biasanya dilakukan oleh oknum dengan niat jahat. Data biologis tidak dapat dipalsukan, sehingga kejahatan siber dapat ditekan dalam proses transaksi digital.

 

Verifikasi biometrik juga lebih efektif dan hemat biaya. Proses verifikasi ini tidak melibatkan penggunaan kata sandi atau kode yang rentan terhadap pencurian identitas. Sebagai contoh, sistem biometrik menggunakan data informasi yang melekat pada seseorang, seperti wajah, sidik jari, suara, dan lainnya. Keuntungan menggunakan identitas biometrik adalah dapat memverifikasi pengakses dengan koreksi yang tinggi, unik bahwa satu akun hanya dapat diakses oleh pemilik akun, serta dapat melindungi privasi pemilik dan mengontrol penggunaan data per akun.

 

Dengan kecerdasan buatan, verifikasi identitas biometrik dapat menjadi lebih efisien dan akurat. Teknologi ini memungkinkan penggunaan identitas biometrik dalam berbagai bidang, seperti e-government dan e-commerce, dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, verifikasi identitas biometrik merupakan solusi yang efektif dan aman untuk memverifikasi identitas seseorang dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

 

Cara Kerja Verifikasi Identitas Biometrik

Di Indonesia, verifikasi biometrik bekerja dengan cara mencocokan pengguna dengan data-data biometrik yang ada pada KTP. Sistem ini umumnya mengecek atau melakukan sinkronisasi ke database DUKCAPIL, sehingga verifikasi ini sangat akurat dan sulit untuk dipalsukan.

 

Teknologi di balik sistem ini sudah menggunakan Artificial Intelligence (AI) yang canggih dan mampu mencegah penipuan memakai foto, video, dan topeng. Umumnya, AI ini disebut dengan Liveness Detection yang berfungsi untuk memastikan bahwa pengguna merupakan manusia hidup dan aktif. Fitur ini akan memberikan beberapa “tantangan” yang perlu diselesaikan oleh pengguna, seperti menolehkan kepala, mengedipkan mata, dan sebagainya. Dengan demikian, verifikasi biometrik juga diterapkan untuk proses Know Your Customer (KYC) secara digital karena bisa mendeteksi perilaku dan kebiasaan.

 

Keunggulan Sistem Verifikasi Identitas Biometrik

Berikut beberapa keunggulan atau manfaat verifikasi biometrik:

  • Verifikasi Identitas Masif

Teknologi biometrik mampu melakukan banyak verifikasi identitas dalam waktu singkat, sehingga telah diterapkan di berbagai sektor, seperti pemerintahan, perbankan, finansial, dan kegiatan lain yang memerlukan keamanan tinggi.

  • Akurasi Tinggi

Sistem ini mampu mengenali individu dengan akurat, tepat, dan konsisten, sehingga kesalahan identitas karena mirip atau pemalsuan bisa jauh berkurang.

  • Hemat Biaya

Sistem bisa melakukan banyak verifikasi sekaligus dengan otomatis, sehingga dapat menghemat biaya karena tidak perlu melibatkan banyak petugas dan proses yang berbelit-belit.

  • Kemudahan Akses

Verifikasi biometrik menggunakan data yang melekat pada tubuh pengguna, sehingga tidak memerlukan alat verifikasi tambahan. Cukup dengan membawa tubuh, verifikasi bisa langsung dilakukan dengan cepat.

  • Sulit Dipalsukan

Verifikasi biometrik memakai data yang melekat di tubuh pengguna, sehingga sangat sulit dipalsukan dan aman dari kebocoran data karena setiap orang itu unik.

  • Tidak Mudah Rusak

Verifikasi identitas menggunakan perangkat konvensional memiliki risiko rusak yang tinggi, sedangkan biometrik tidak mudah rusak karena melekat di tubuh pengguna.

  • Akses Satu Orang Saja

Sistem ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang bersangkutan karena data biometrik sangat pribadi dan tidak bisa dipalsukan karena keunikannya.

 

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, verifikasi identitas biometrik menjadi solusi yang efektif dan aman untuk memastikan keamanan dan kebenaran identitas pengguna dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Verifikasi 

Dalam penggunaan aplikasi mobile di bidang keuangan dan perbankan, verifikasi identitas merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan kebenaran data pelanggan. Verifikasi ini dapat melibatkan berbagai data, mulai dari nomor HP, email, hingga pemindaian wajah atau data diri.

 

Pemindaian wajah atau data diri ini dikenal sebagai verifikasi biometrik. Metode ini memanfaatkan identitas biologis, karakter fisik, atau perilaku unik seseorang untuk melakukan verifikasi identitas. Namun, apa saja hal yang perlu diperhatikan saat melakukan verifikasi identitas biometrik ini?

  • Penggunaan Aksesoris di Bagian Wajah atau Kepala

Verifikasi biometrik umumnya menggunakan bagian wajah untuk mengenali, memindai, dan mendata ciri unik dari wajah pelanggan. Proses ini dapat dilakukan dengan cepat jika bagian wajah atau kepala pelanggan tidak menggunakan aksesoris. Pada layanan verifikasi biometrik yang canggih, sistem dapat memberikan arahan untuk melepas aksesoris jika pengambilan data sulit dilakukan.

  • Pastikan Melakukan Verifikasi Identitas Biometrik di Lokasi Terang

Lokasi dengan cahaya yang cukup memungkinkan sistem melakukan pemindaian dengan cepat, akurat, dan efektif. Pelanggan diharapkan mencari lokasi dengan cahaya yang cukup terang agar profil wajah terlihat dengan jelas.

  • Perhatikan Risikonya

Meskipun verifikasi biometrik dapat mempersingkat proses onboarding, metode ini memiliki risiko tersendiri. Perubahan masif pada profil wajah pelanggan memerlukan pembaruan data yang tidak mudah. Pengaturan database verifikasi biometrik harus dilakukan dengan cepat agar sistem mengetahui perubahan yang terjadi.

  • Kombinasikan dengan Metode Verifikasi Lain

Pertimbangkan untuk menggunakan metode verifikasi lain sebagai langkah antisipasi. Penggunaan metode verifikasi seperti kode PIN, pemindaian KTP, atau password bisa menjadi alternatif yang berguna jika terjadi perubahan profil wajah yang masif.

  • Pastikan Layanan Verifikasi Identitas Biometrik Terdaftar

Pastikan menggunakan layanan verifikasi yang terdaftar untuk memastikan proteksi data pelanggan. Layanan yang terdaftar memastikan onboarding pelanggan dapat dilakukan dengan cepat, efektif, dan akurat, namun tetap dalam koridor proteksi yang ketat pada kerahasiaan data.

  • Fitur Liveness Detection akan Menjadi Pelengkap yang Baik

Penggunaan fitur liveness detection dapat memastikan bahwa wajah yang dipindai merupakan wajah asli dari pelanggan. Dengan memberikan arahan untuk tersenyum, berkedip, mengangguk, sistem dapat benar-benar memastikan profil yang dipindai serupa dengan yang tercatat di database.

 

Dengan memperhatikan keenam hal di atas, proses verifikasi identitas biometrik dapat dilakukan dengan lebih efektif dan aman, sehingga pelanggan dapat menggunakan layanan yang tersedia dengan lebih nyaman dan terjamin keamanannya.

 

Ascore.ai by Amartha untuk Verifikasi Identitas Biometrik

Ascore.ai by Amartha dapat digunakan untuk verifikasi identitas biometrik dengan menggunakan berbagai teknologi, seperti sidik jari, wajah, dan retina. Ascore.ai menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mempelajari pola biometrik seseorang dan untuk mencocokkan pola biometrik tersebut dengan pola biometrik yang ada di database.

 

Ascore.ai dapat membantu lembaga keuangan untuk:

  • Meningkatkan keamanan: Ascore.ai dapat membantu lembaga keuangan untuk meningkatkan keamanan transaksi keuangan dengan verifikasi identitas biometrik.
  • Meningkatkan efisiensi: Ascore.ai dapat membantu lembaga keuangan untuk meningkatkan efisiensi proses verifikasi identitas dengan verifikasi identitas biometrik.
  • Meningkatkan keandalan: Ascore.ai dapat membantu lembaga keuangan untuk meningkatkan keandalan proses verifikasi identitas.

 

Verifikasi identitas biometrik adalah solusi yang efektif untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berbagai transaksi, termasuk transaksi keuangan. Ascore.ai by Amartha adalah layanan yang dapat digunakan untuk verifikasi identitas biometrik dengan menggunakan berbagai teknologi. Ascore.ai dapat membantu lembaga keuangan untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi proses verifikasi identitas.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *