Ketombe bisa ditangani dengan cara yang mudah. Biasanya dengan cara membersihkan bagian kulit kepala dengan menggunakan sampo yang bertujuan dalam mengurangi minyak serta membersihkan sel pada kulit kepala yang telah mati supaya dapat membantu dalam mengatasi penyebab ketombe.

Walaupun demikian, ada berbagai macam jenis shampo khusus yang dapat digunakan untuk memberantas masalah ketombe tersebut.Apabila menggunakan sampo biasa tidak dapat membantu menanganinya, maka perlu menggunakan sampo anti-ketombe.

Apabila saat mencoba shampo khusus tersebut memiliki gejala seperti rasa gatal, menyengat hingga berwarna merah maupun rasa terbakar yang dirasakan di kulit kepala maka dari itu perlu menghentikan pemakaian shampo tersebut.Dan perlu diperhatikan juga mengenai tanda-tanda alergi contohnya yaitu ruam, biduran hingga sesak nafas.Apabila gejala mengalami gejala tadi, dianjurkan untuk segera ditangani oleh bantuan medis.

Solusi untuk mencegah penyebab ketombe serta mencegah ketombe tersebut datang lagi, dapat menggunakan beberapa cara berikut ini:

1. Menggunakan shampo khusus untuk kepala yang berketombe

Kunci utama dalam mencegah dan mengatasi ketombe yaitu dengan memilih jenis shampo untuk ketombe dengan tepat.Dengan menggunakan shampo anti-ketombe yang memiliki kandungan tea tree oil maka dapat mencegah pertumbuhan dari jamur yang menyebabkan ketombe.

2. Menghindari shampo dengan kandungan bahan kimia yang keras

Bahan kimia yang keras contohnya seperti alkohol maupun pemutih yang terdapat pada kandungan sampo maupun pewarna rambut akan menyebabkan rambut menjadi kering yang kemudian mengikir bakteri alami pada kulit kepala. Kemudian hindari menggunakan gel rambut atau hair spray sebab dapat meningkatkan produksi pada minyak serta dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

3. Rajin berjemur pada saat pagi hari

Cara mengatasi penyebab ketombe juga dapat dilakukan dengan berjemur di pagi hari.Selain dapat menyehatkan tubuh, namun kebiasaan berjemur juga merupakan pencegahan timbulnya ketombe.Beberapa penelitian juga menyebutkan jika paparan dari sinar UV bisa membantu dalam mengendalikan ketombe pada rambut.

Kemudian perlu diingatkan berjemur juga memiliki batasan, yaitu cukup 10-15 menit saja, agar paparan dari sinar UV tersebut tidak berlebihan.Jika terlalu lama juga meningkatkan risiko yaitu kanker kulit.Agar dapat mencegahnya, pastikan jika telah menggunakan sunscreen dan memiliki kandungan SPF agar kulit dapat terlindungi.

Deskripsi: pencegahan ketombe dapat dilakukan dengan cara menggunakan shampo khusus anti ketombe, tidak memakai sampo yang memiliki bahan kimia keras serta dengan berjemur di pagi hari. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.