Sudahkah Anda familier dengan istilah asuransi kesehatan rawat jalan? Jenis asuransi kesehatan yang satu ini merupakan opsi yang banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Maka dari itu, tentu saja Anda harus mengenal dan memahaminya terlebih dahulu sebelum menentukan apakah jenis asuransi kesehatan yang satu ini cocok untuk Anda.

Definisi Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Secara garis besar, asuransi kesehatan rawat jalan merupakan jenis asuransi kesehatan yang menyediakan manfaat (benefit) berupa perlindungan bagi kondisi medis yang tidak mengharuskan pasien menjalani rawat inap atau opname. 

Dengan demikian, polis asuransi rawat jalan meng-cover biaya-biaya perawatan yang berkaitan dengan manfaat rawat jalan. Lantas, apakah benefit dari asuransi rawat jalan berarti lebih sedikit? 

Tentu saja jawabannya adalah tidak. Pasalnya, Anda tetap bisa mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan treatment yang Anda butuhkan selama rawat jalan sampai Anda sembuh. Beberapa di antaranya seperti:

  • Konsultasi dengan dokter, baik itu dokter umum maupun dokter spesialis. Bahkan ada juga asuransi kesehatan yang menanggung biaya konsultasi dokter secara online sekalipun, seperti FWD Insurance.
  • Biaya obat-obatan.
  • Biaya scan dan pengujian untuk diagnosis.
  • Biaya alat dan perlengkapan medis lainnya.

Pada umumnya, polis asuransi kesehatan biasanya sudah mencakup biaya-biaya rawat jalan. Hanya saja, ada juga produk asuransi kesehatan yang menyediakan manfaat rawat jalan sebagai add-on dengan biaya tambahan.

Perbedaan Asuransi Kesehatan Rawat Jalan dengan Rawat Inap

Yang membedakan antara asuransi kesehatan rawat inap dengan rawat jalan tentu saja berkaitan erat dengan treatment yang dijalani oleh pasien sebagai pemegang polis. Seperti yang sudah Anda ketahui, rawat jalan berarti Anda bisa menjalani pengobatan tanpa harus opname. 

Sementara itu, definisi rawat inap bisa jadi berbeda dari satu perusahaan asuransi ke perusahaan asuransi lainnya. Hanya saja, biasanya yang dimaksud dengan rawat inap berarti pasien harus opname minimal 24 jam untuk mendapatkan penanganan medis. Meski begitu, Anda tetap dianjurkan untuk menghubungi pihak asuransi dulu untuk mendapatkan informasi yang mendetail.

Dalam rawat jalan, kasus yang biasa terjadi adalah penanganan medis jangka pendek seperti tes diagnosis. Dengan begitu, Anda berada dalam kondisi di mana Anda tidak membutuhkan observasi menyeluruh dan monitoring ketat oleh dokter.

Secara garis besar, biaya rawat jalan pun tidaklah sebesar biaya rawat inap. Pasalnya, Anda tidak akan dikenai biaya yang berkaitan dengan penggunaan fasilitas rawat inap bagi pasien, seperti biaya kamar.

Mengingat perbedaan signifikan di antara keduanya, sangat disarankan agar Anda mendapatkan manfaat rawat jalan dan rawat inap bersamaan dengan polis asuransi kesehatan Anda apabila kondisinya memang memungkinkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan proteksi dan pertanggungan secara optimal di setiap situasi nantinya.

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *