Kebutuhan nutrisi anak yang sudah berusia lebih dari 6 bulan tidak cukup hanya dipenuhi dengan memberikan ASI saja. Anak sudah mulai bisa mengkonsumsi makanan MPASI (pendamping ASI) untuk pemenuhan nutrisinya. Yuk simak beberapa makanan bernutrisi tinggi yang cocok untuk jadi MPASI.

1. Alpukat 

Buah satu ini memiliki tekstur yang pas untuk diberikan pada anak dengan berbagai kandungan nutrisi pentingnya. Alpukat memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk mendukung otak si kecil. Anda dapat memberikan alpukat yang dihaluskan dengan susu formula agar mudah dicerna.

2. Pisang 

Selanjutnya ada buah yang bisa dengan mudah dijumpai yakni pisang. Bubur pisang memang sudah lazim digunakan sebagai MPASI sejak dulu karena teksturnya yang cocok untuk anak. Buah ini mengandung berbagai vitamin, kalsium, dan zat besi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

3. Ubi

Ternyata, ubi juga memiliki segudang manfaat untuk anak dengan kandungan vitamin A tinggi. Ubi memiliki rasa manis yang disukai oleh anak dengan manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata dan kulit serta melindungi dari infeksi.

4. Ikan

Olahan ikan yang bertekstur halus bisa juga diberikan pada anak. Ikan memiliki kandungan protein serta asam omega-3 yang akan mendukung perkembangan otak si kecil. Berbagai jenis ikan bisa Anda beri pada anak mulai dari ikan salmon hingga ikan tenggiri.

5. Brokoli 

Sayuran juga penting untuk perkembangan anak dan brokoli adalah pilihan yang tepat sebagai makanan MPASI. Brokoli punya kandungan serat tinggi yang membantu menjaga sistem pencernaan si kecil. Ada juga kandungan kalsium dan folat tetapi dalam pengolahannya, pastikan brokoli yang dikonsumsi punya tekstur lembut.

6. Daging Ayam dan Sapi

Terakhir, daging ayam dan sapi juga cocok untuk menjadi makanan pendamping bagi si kecil. Dua bahan makanan ini bisa dihaluskan lalu dicampur dengan bubur sayur atau bubur beras dan diberi pada si kecil. Kandungan zat besi, vitamin B6, dan seng sangat penting untuk perkembangan otak dan fisik bayi.

Pemberian makanan MPASI pada anak tidak boleh sembarangan dan harus diperhatikan tingkat kehalusan atau kekerasannya. Saat anak berusia 9 bulan, barulah bisa diberikan MPASI dalam bentuk padat seperti wortel atau telur rebus sebagai finger foods bagi anak. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.